Tuesday, January 1, 2013

MEMBANGUN KOMITMEN, MENITI HARI, MERAJUT MASA DEPAN



“ Orang yang hebat adalah orang yang mampu menyadari masalah yang tidak disadari oleh orang lain. Itu kamu”.
“Segala sesuatu yang ada dimuka bumi ini pasti akan berubah, begitu juga kamu”.
“Ingat! Keberanian memiliki kecerdasan sekaligus keajaiban didalamnya”.

MEMBANGUN KOMITMEN,
MENITI HARI,
MERAJUT MASA DEPAN

1.  Aku Dilahirkan Kembali
Hari ini aku akan menanggalkan kulitku yang sudah mulai tua. Aku lahir kembali untuk memetik kebijaksanaan dari orang-orang sebelum aku, keturunan demi keturunan. Walaupun pekerjaan yang kupilih ini sarat dengan rintangan dan kesempatan untuk maju, aku tetap akan sukses, karena aku telah memiliki peta kehidupan yang akan menuntunku kemana saja.
Sekarang aku akan keluar dari bayang-bayang gelap masa lalu kepada sinar matahari kekayaan, kedudukan dan kebahagiaan sesuai impianku waktu kecil. Waktu yang diciptakan Tuhan telah menggajarkan segalanya, tetapi waktuku telah dijatahkan untuk belajar dan bekerja giat dan sabar untuk memperoleh kebijaksanaan. Sekarang aku menjadi pohon berlian perkasa, raja semua pohon. Alam sudah memberiku pengetahuan dan naluri untuk dapat sukses. Aku tidak akan pernah gagal. Aku meyakini teori para ahli, bahwa kegagalan adalah alasan manusia untuk menutupi ketiidakmampuannya mencapaii tujuan hidupnya.
Menurut saya, perbedaan antara orang yang sukses dengan orang yang gagal hanya terletak pada kebiasaannya. Kebiasaan yang baik adalah kunci menuju semua keberhasilan. Maka aku akan membeentuk kebiasaan-kebiasaan baik dan menjadi budaknya. Dan aku akan meninggalkan semua kabiasaan buruk selama ini. Karena telah kupatrikan bahwa hanya sebuah kebiasaan saja yang dapat mengalahkan kebiasaan lainnya.
Menurut ahli sosiolog, rahasia yang terpendam pada semua keberhasilan manusia terletak pada pola pikir dan pola tindakannya. Maka aku akan membentuk pola pikir dan pola tindakanku sendiri. Caranya? Dengan mengingat semua kata-kata yang baik dan positif, dan mengucapkannya berulang kali. Sementara aku mengulangi kata-kata itu setiap hari, maka kata-kata itu segera menjadi bagian dari pikiranku yang giat, meresap kedalam diriku dan akan membuatku bertindak dengan cara yang sama. Kekuatanku akan meningkat, semangatku akan menggebu, hasratku siap menghadapi dunia dan akan membuatku berani menerima setiap tantangan. Aku akan lebih bahagia.
Sebuah tindakan menjadi mudah melalui pengulangan terus-menerus, dan akan semakin menyenangkan. Aku bersumpah, bahwa tidak ada satu pun hal yang dapat menghambat pertumbuhan kehidupanku yang baru ini. Dan jangan kau ganggu aku, sebab hari ini kulitku yang lama sudah menjjadi seperti debu, yang kutinggal selamanya. Aku akan berjalan dengan sikap tegak diantara sesama manusia dan mereka hanya akan mengenalku sebagai orang baru, dengan kehidupan baru.


2.  Ku Sambut Hari Ini Dengan Cinta Dalam Hatiku
Cinta adalah rahasia terbesar, senjata paling ampuh yang dapat membuka hati manusia. Maka aku akan memandang segala hal dengan cinta. Aku mencintai matahari yang menghangatkan, aku mencintai hujan yang menyegarkan bumi.
Aku akan memuji siapa saja, sehingga mereka akan menjadi temanku. Aku akan memberi dorongan kepada temanku, dan mereka akan menjadi saudaraku. Binatang dan tumbuhan, angin dan air, serta seluruh alam selalu menyanyi memuji penciptanya. Mengapa aku tidak ikut memuji?
Aku akaan mencintai semua jenis manusia, karena setiap orang punya kebaikan yang pantas dikagumi.
Dengan cinta aaku akan membangun jembatan menuju jiwa dan hati mereka. Aku mencintai orang idealis yang memberikan ahlam kepadaku, aku mencintai orang gagal karena memberikan pelajaran, aku mencintai para pejabat karena mereka manusia biasa, aku mencintai orang rendah hati karena mereka mempunyai sifat surgawi, aku mencintai oorang tua karena mereka bijaksana, aku mencintai orang rupawan karena mereka sering kesepian, akuu mencintai orang yang buruk rupa karena hati mereka damai. Aku mencintai semua orang.
Semua tindakan orang lain akan kutanggapi dengan cinta. Seti ap kali  bertemu dengan sesorang, aku akan berkata dalam hati:’aku mencintaimu’, dengan tulus hati. Walaupun diucapkan dalam hati, kata-kata itu akan terpancar dari mataku, mendatangkan senyuman dan memaniskan suaraku sehingga hati orang itupun akan terbuka bagiku.
Aku juga mencintai diriku sendiri secafra wajar. Hanya yang baik dan berguna yang boleh masuk ketubuhku, pikiranku, jiwaku dan hatiku. Pikiranku akan kuhiasai dengan  pengetahuan dan kebijaksanaan. Jiwaku akan kupenuhi dengan doa syukur. Hatiku bahagia. Tanpa dicintai, hidupku akan gagal, meskipun aku memiliki seluruh pengetaahuan dan keahlian. Aki menyambut hari ini dengan cinta dan aki akan sukses.


3.  Aku Akan Gigih Sampai Berhasil
Sejak sekarang dan seterusnya aku menyadari bahwa hidupku selalu diuji dengan keras oleh berbagai kejadian. Dan aku akan gigih, kalau aku terus berjuang, maka aku akan berhasil pada suatu waktu.
Aku lahir didunia ini untuk menjadi sukses. Oleh sebab itu, aku tidak mau berdekatan dengan orang yang suka mengeluh dan berpikiran negatif karena sikap dan pikiran buruk mereka dapat menular padaku.
Sukses kehidupan berada diujung setiap perjalanan. Maka aku akan selalu mengambil langkah berikutnya sampai aku berhasil. Satu langkah setiap kali akan terus mudah. Aku akan membangun bentengku satu bata setiap hari, karena aku tahu usaha yang diulangi terus-menerus pasti akan berhasil. Kata-kata menyerah, tidak bisa, takut, tidak sanggup, mustahil, tidak jalan, tanpa harapan, mundur dan seterusnya telah kusingkirkan  dari pembendaharaanku.
Aku akan mengabaikan rintangan yang menyandung hatiku dan terus mengarahkan mataku ketujuan di atas kepalaku. Aku gigih karena aku tahu bahwa setiap kegagalan hanyalah sukses yang tertunda. Kalaupun orang menghentikan perjuanganku, aku tetap akan terus maju.
Aku tidak akan membiarkan keberhasilan kemarin membiuskan. Kejadian yang lewat akan kulupakan. Kusambut hari ini dengan keyakinan, bahwa hari ini akan menjadi hafi yang terbaik bagiku.
Selama masih ada nafas dalam dadaku, selama itu pula aku gigih. Sekarang aku sudah mengetahui ajaran keberhasilan, kalau aku gigih cukup lama maka aku akan menang.


4.  Aku adalah Mukjizat Alam yang Terbesar
Sejak awal jaman tidak ada orang lain, dengan pikiranku, jariku, mataku, telingaku, tanganku. Tidak ada orang lain yang dapat bertindak, berbicara, tertawa dan bergaya seperti diriku. Aku  adalah makhluk yang istimewa. Mulai sekarang aku akan mementingkan keistimewaan ini sebagai modal untuk dioptimalkan.
Dalam diriku selalu berkobar semangat untuk menjadi labih baik dan bahagia. Aku memang langka dan bernilai tinggi sebagai hasil evolusi makhluk manusia selama rribuan tahun. Maka aku mempunyai perlengkapan yang jauh lebih baik daripada siapapun yang hidup sebelum aku. Aku mempunyai kemampuan yang tidak terbatas. Oleh karena itu, aku akan menggunakan otak dan ototku secara maksimal, tidak seperti masa lalu ketika hanya sedikit saja otak dan ototku yangterpakai.
Mukjizat bukan hanya terjadi pada saat kelahiranku. Aku akan menjadi pembuat mukjizat sepanjang hidupku.
Aku berada di bumi ini dengan suatu tujuan, yaitu menjadi gunung tinggi yang megah; bukan menjadi sebutir pasir kecil tersembunyi. Tidak seperti binatang atau tumbuhan, aku dikandung dalam cinta dan dilahirkan ke dunia dengan tujuan yang luhur.
Dalam bekerja, aku akan memusatkan tenaghaku pada tntangan saat ini, sehingga aku melupakan masalah lainnya. Aku berada penuh pada tempat dimana aku bekerja.
Dan alam tidak mengenal kekalahan. Alam muncul dengan penuh kemenangan. Demikian pula aku, dengan sikap kemenangan, perjuangan berikutnya akan semakin mudah.


5.  Aku Akan Kuhayati Hari Ini Seakan-Akan Inilah Hariku Yang Terakhir
Aku tidak akan membuang-buang waktu untuk meratapi kemalangan kemarin dan menghayalkan apa yang akan terjadi besok. Kemarin hanyalah kenangan, dan esok hanyalah kemungkinan. Buat apa aku menyusahkan diri dengan peristiwa yang telah terkuburkan? Buat apa aku kalut dengan peristiwa yang mungkin tidak akan aku saksikan esok?
Hari ini miliku, dan saat-saat ini merupakan kekekalanku. Aku menyambut matahari dengan seruan sukacita. Aku merentangkan tangan dengan penuh syukur atas anugerah hari baru, kesempatan terakhir yang tak ternilai ini. Mengapa aku masihhidup? Mengapa ada orang lain yang mungkin lebih hebat daripada diriku telah tiada? Inilah hariku untuk mencapai keunggulan. Inilah hariku untuk menjadi yang terbaik.
Aku akan memanfaatkan hari ini dengan sebaik-baiknya untuk menuliskan sejarah ddiriku yang ssempurna dihalaman terakhir buku kehidupanku. Setiap jam sepanjang hari ini akan kupelihara dengan sebaik-baiknya, karena waktu tidak akan dapat kembali lagi. Aku akan memuat setiap detik menjadi berharga tinggi.
Perbuatan menunda-nunda akan kuhancurkan dengan tindakan, keraguan akan kukuburkan dibawah keyakinan, rasa takut akan kutindas dengan keberanian. Hari ini adalah kesempatan bagiku untuk membuktikan cinta dan kebesaranku.
Setiap menit hari ini akan membuahkan hasil lebih banyak daripada setiap jam kemarin. Hari ini menjadi hariku yang terbaik.


6.  Bangun Tidur Dengan Hati Yang Baru
Setiap pagi aku bangun tidur dengan suasana hati yang baru. Ada roda perasaan yang terus-menerus berputar dalam diriku. Sukacita kemarin dapat kesedihan hari ini dan kesedihan hari ini akan berkembangan menjadi sukacita dihari esok.
Tetapi aku tidak seperti pohon yang tergantung sepenuhnya pada cuaca. Aku dapat mengendalikan perasaanku. Bila aku membawa sukacita, semangat, keceriaan, senyuman, maka orang lain akan menanggapinya dengan sukacita, semangat, keceriaan dan senyuman juga.
Lemahlah orang yang hanya memikirkan pikiran dan perasaannya, mengendalikan tindakannya, kuatlah dia yang bertindak mengendalikan pikirannya. Aku kuat dan mampu mengendalikan pikiran dan perassanku.
Kala jiwa tertekan, aku akan bernyanyi. Kala merasa sedih, aku akan tertawa. Kala sakit hati, aku akan melipatgandakan kerjaku. Kala aku takut, aku akan maju kedepan. Kala aku merasa rendah diri, aku akan menegakkan badan. Kala aku merasa miskin, aku akan memikirkan kekayaan yang akan datang. Kala aku merasa tidak terampil, aku ingat keberhasilanku. Kala aku merasa tidak berguna, aku ingat tujuan hidupku.
Aku berhati-hati terhadap apa yang dapat menghancurkan hidupku. Kalau terlalu yakin, aku ingat kegagalanku. Kalau ingin memanjakan diri, aku ingat kelaparan dimasa lalu. Kalau sedang menikmati kebesaran, aku ingat saat-saat penuh rasa malu. Kalau menjadi sombong, aku akan ingat kelemahanku.
Aku juga akan mengenali suasana hati setiap orang yang ku jumpai. Kalau hari ini dia marah dan muram, aku sadar bahwa besok ia akan ssenang dan ceria. Pengetahuan nin merupakan kunci menuju keberhasilan dalam setiap hubungan manusiawi.
Aku menguasai kesusahan hatiku, melalui indakan-tindakan yang positif dan dengan itu aku mengendalikan nasibku. Aku menjadi penguasa diriku sendiri. Aku menjadi besar.


7.  Ini Pasti Akan Berlalu
Sebagai manusia aku punya kemampuan khusus untuk tertawa, sejak sekarang aku akan mengembangkan kebiasaanku untuk tertawa. Hasilnya, percernaanku menjadi lancar, bebanku menjadi ringan dan umurku diperpanjang.
Terlebih dahulu aku menertawakan diriku sendiri. Terhadap tindakan orang yang bermaksud menyakiti, mempermalukan atau menghancurkan diriku, aku juga akan tertawa. Dalam hati aku berkata: INI PASTI AKAN BERLALU. Ya, semuanya akan berlalu. Kesedihan dan kegembiraan akan berlalu.
Aku punya waktu tertawa, menikmati kebahangiaan. Tertawa dan kebahagiaan hari ini tak dapat ditabungkan untuk esok. Aku menertawakan kegagalan, sehingga kegagalan itu lenyap. Aku menertawakan keberhasilan, sehingga keberhasilan itu tidak membuatku sombong, aku menertawakan kejahatan sehingga kejahatan menjadi tumpul. Aku menertawakan kebaikan sehingga kebaikan itu berlimpah. Setiap hari penuh kemenangan kalau senyumanku mendatangkan senyuman orang lain.
Sama sekali aku tidak akan memniarkan diriku merasa terlalu penting, terlalu bijaksana, terlalu sibuk, terlalu kuat, sehingga tak sempat menertawakan diri. Lebih baik aku menjadi seperti anak-anak yang selalu dapat melihat kelucuan dalam segala hal.
Kemampuan tertawa adalah hadiah alam terbesar bagiku. Selama aku mampu tertawa dan aku akan bahagia, kaya, sukses. Aku menikmati keberhasilanku. Aku akan bahagia. Aku akan berhasil. Aku akan menertawakan dunia ini.
8.  Aku Tidak Akan Membiarkan Diri Digilas Kegagalan Dan Keputusasaan
Sehelai daun murbei dapat menjadi sutera. Sebidang tanah dapat menjadi istana. Sebatang pohon dapat menjadi perabot antik. Rambut domba dapat manjdai permadani. Semua benda itu berlipat-lipat nilainya berkat kepintaran manusia. Maka akupun oleh kepintaranku akan mampu melipatgandakan nilaiku.
Aku mampu memilih jalan hidupku dan tidak akan membiarkan diriku menjadi sampah busuk yang tidak berharga. Aku tidak akan memniarkan diri digilas kegagalan dan keputusasaan.
Seperti biji yang harus disemai dan tanam. Kemudian dipelihara oleh alam supaya tumbuh besar, demikian juga aku disemai dalam kebodohan dan kegagalan, namun aku tumbuh menjadi besar sukses dalam kepintaran. Maka aku mesti merawat tubuh, pikiran, perasaan, dan perbuatanku untuk memenuhi semua impianku.
Bagaimana caranya? Aku akan menetapkan tujuan untuk hari ini, minggu ini, bulan ini, tahun ini, dan seluruh kehidupanku. Unjuk kerjaku yang terbaik untuk kulipatgandakan untuk mencapai tujuan yang tinggi. Lebih baik mengarahkan tombakku ke bulan, walaupun mungkin Cuma mengenai seekor burung elang, aku tak perlu cemas akan tujuanku yang tinggi, yang mungkin dianggap muluk oleh orang lain.
Hari ini aku akan melampaui setiap hasil tindakan yang kucapai kemarin. Besok aku akan mencapai nilai melebihi hasil hari ini dan seterusnya semakin baik. Semakin hebat semakin bermutu.

9.  Aku Akan Bertindak Sekarang

Impianku, rencanaku, tujuanku akan tercapai dengan tindakan. Tidak ada peta yang membawa pemiliknya berpindah, tidak ada peraturan yang dapat mencegah kejahatan kecuali dengan tindakan. Hanya tindakanlah yang akan mengobarkan impian, rencana, dan tujuanku menjadi daya hidup yang bermanfaat. Tindakan adalah makanan dan minuman yang memelihara keberhasilanku.
Kebiasaan menunda tindakan lahir dari rasa takut. Untuk mengatasi rasa takut, aku bertindak dengan penuh keyakinan sehingga debaran dalam dadaku akan lenyap.
Pada waktu bangun tidur, aku akan melompat dari tempat tidur dan berkata: AKU AKAN BERTINDAK SEKARANG. Nilaiku hanya akan berlipat ganda dengan tindakan. Aku akan berjalan ditempat orang gagal takut melakukannya. Aku akan bekerja ketika orang beristirahat.
Besok pagi dicadangkan bagi orang malas. Tapi aku rajin, tidak malas. Bseok pagi mungkin hari bagi orang jahat akan memjadi baik. Besok pagi mungkin orang lemah akan mejadi kuat, tetapi aku kuat bukan lemah, aku berhasil mulai hari ini. Aku bertindak hari ini, tidak perlu menunggu hari esok.
Aku lapar akan keberhasilan. Aku haus akan kedamaian dan kebahagiaan. Kalau tidak segera bertindak, aku akan tetap haus dan lapar. Aku akan gagal dan mati. Aku akan memerintah dan mematuhi perintahku sendiri. Aku menjadi raja bagi diriku sendiri dengan bertindak sekarang.
Keberhasilanku tidak akan menunggu. Kalau aku terlambat bertindak. Keberhasilan akan menjadi milik orang lain, dan hilang dariku selama-lamanya.

10.             Akhirnya, Semua Kuserahkan PadaMu TUHAN
Kuserahkan semua pikiran, perasaan dan tindakanku hanya pada Tuhan. Oh Tuhanku, tolonglah aku, tanpa bimbinganMu aku akan menyimpang dan mengembara jauh dari jalan setapak yang menuju keberhasilan dan kebahagiaan ssebagaimana Engkau peruntukan bagiku.
Aku tidak meminta emas, pakaian dan kesempatan, melainkan minta bimbingan agar aku memperoleh kamampuan untuk meraih semua kesempatan atau menciptakan kesempatan bagi diriku dan sesamaku.
Ajarkan kepadaku bagaimana berkata-kata dan bertindak bijaksana, bagaimana menjadi makmur dengan cinta, bagaimana menolong orang lain, bagaimana menjalani hidupku penuh syukur dan bahagia.
Bantulah aku agar tetap rendah hati. Bimbinglah aku untuk memetik hikmah dari setiap pengalaman, baik pengalaman sukses maupun pengalaman gagal. Aku bersyukur karena Engkau meneriku waktu, bakat dan saran yang cukup untuk mencapai tujuanku. Aku telah Engkau berikan talenta yang cukup. Bantulah aku dalam menghayati hari ini walaupun ini hariku yang terakhir. Bantulah aku mengenal dan manjalani kebiasaan baik dan mencegah kebiasaan buruk.
Semua akan terjadi oleh kehendakMu, Tuhanku. Biarkab aku menjadi seperti apa yang Engkau rencanakan, kuserahkan seluruh pikiran, perrasaan, dan tindakanku hanya kepadaMu, Tuhan Penciptaku.
A M I N.



No comments: